Pengalaman Pertama ke Luar Negeri — Day 1 (Part 2)

Panik Tidak Punya Opsi untuk Transportasi

Bervianto Leo Pratama
6 min readOct 29, 2023

Halo semua! Ini kelanjutan dari Part 1 saya yaitu Day 0, baik dari persiapan hingga keberangkatan menaiki pesawat. Belum baca? Boleh dibaca dulu ya. :)

Tiba di Imigrasi SFO

Oke, saya udah berjanji mau lanjutin ceritanya. Jadi nih ya, saya sudah Jetlag. Tapi, saya cukup banyak ditanya-tanya di imigrasi. Sepertinya dia cukup bingung dengan tujuan kedatangan saya. Saya kan memang mau menghadiri konverensi, jadi cukup banyak pertanyaan seperti:

1. Kamu membayar biaya konferensi bagaimana. Saya jawab udah dibayarin.
  2. Lanjut deh, kok bisa dibayarin, nah, saya bingung jawaban apa yang kira-kira bisa menghentikan pertanyaan lanjutan. Saya hanya bisa jawab, ya, saya HashiCorp Ambassador.
  3. Tentu ditanya kembali, jadi HashiCorp itu apa.
  4. Saya jelaskan, bla bla bla. Lalu, jadi kamu bekerja untuk HashiCorp? Saya jawab tidak, saya hanya tulis blog mengenai produk-produk HashiCorp.
  5. Jadi petugas imigrasinya masih tidak percaya kalau saya kok bisa dibayarin, bahkan dari pesawat dan hotel. Jadi saya terus ditanya muter-muter ke topik yang kok bisa dibayarin. Saya yang udah gak fokus, saya hanya bisa memberikan bukti percakapan saya dan perwakilan yang mengelola HashiCorp Ambassadors. Apalagi Bahasa Inggris saya yang belepotan, dia semakin tidak percaya. Mungkin ada 15 menit lebih saya bertanya jawab.

Alhasil, saya yang udah pasrah, ah, kalau disuruh kembali, ya sudah, pasrah. Saya sudah ngantuk berat dan bahkan tidak fokus. Untungnya, setelah beberapa kali saya menunjukkan percakapan saya. Akhirnya dibolehkan masuk, bahkan bagasi saya sudah last-call, kalau saya belum ambil akan ribet claim-nya.

Mencari Transportasi

Oke, imigrasi udah lewat. Sekarang saya harus mencari cara untuk membeli tiket BART. Jadi BART itu seperti MRT, kereta yang bisa mengantar saya ke hotel saya. Deket banget kalau naik MRT ini, stasiunnya di bandara dan stasiun tujuannya juga paling cuman 5 menit. Kalau mau tau soal BART, bisa kunjungi web-nya aja ya.

Saya sih udah ada rencana keuangannya, nah, tapi ada yang lucu nih.

Uang Cash Saya Tidak Bisa Dipakai

Ini makin sedih, saya mau beli tiket BART. Ah, saya baru tau pecahan 50 dan 100 dollar itu gak bisa untuk beli tiketnya. Sedih dong saya, saya coba kartu debit saya, gak bisa juga. Panik? Panik dong.

Ya udah deh, saya coba UBER, wah, UBER mahal banget dibanding BART yang cuman 10 dollar. Oke, gak apa-apa deh asalkan saya bisa jalan. Wah, UBER gak bisa pakai cash, saya coba pakai beberapa kartu debit saya. Lagi-lagi gak bisa. Panik? Iya, panik lagi. Karena bingung, saya duduk dulu menenangkan diri untuk mencari solusi. Ini story IG saya yang bingung. :’)

Setelah beberapa menit berlalu, saya teringat, oh ada tempat jual kopi di bandara. Saya ke sana deh, beli makan dan minum. Tada! Akhirnya saya dapat pecahan lebih kecil. Setelah minum, saya langsung ke stasiun BART untuk beli kartu Clipper dan saldonya. Kartu ini ya mirip-mirip e-money lah, pakai NFC juga sebenarnya. Saya gak bisa pakai aplikasinya, karena region PlayStore saya masih di Indonesia. Terlebih gak bisa ganti sembarangan, ya udah saya beli kartu fisik di stasiun aja dari mesin yang ada di sana. Setidaknya saya bisa sampai ke tujuan. Nih, saya ada satu foto setelah saya naik BART-nya. Wkwk…

Akhirnya naik BART

Kesasar

LoL (laughing out loud)… Oke, ini lucu. Maps saya tidak memberikan arah jelas. Saya juga keluar dari tempat yang salah. Saya kan berhenti di Powell St. Satu kesan saya yang bikin shock adalah ketika melihat beberapa homeless di sana. Saya sebagai pengunjung cukup takut dan ini kan bukan medan saya, kalau saya kenapa-kenapa juga ribet. Saya tidak terlalu berani sambil mencari arah dengan menggengam HP, apalagi saya masih membawa koper. Nah, jadi saya mengikuti “intuisi”. Saya expect sudah sampai hanya dengan lurus lalu belok kanan dan sampai.

Saya coba di salah satu jalan, lah, kok gak sampai-sampai. Ada 30 menit lebih saya muter-muter, entah itu ke arah selatan dan ke arah barat dan ke utara. Seharusnya agak ke timur. :D Lucunya, saya bahkan secara tidak sadar sudah sampai ke tempat yang nantinya jadi tempat Evening Night. Setelah menemukan tempat itu, saya langsung sadar, lah saya salah arah! Harusnya ke utara! Saya malah ke selatan, ini gara-gara map-nya lama sekali update-nya. Oke, saya mencoba ke arah utara. Eh, entah kenapa, malah jadi agak ke barat (ini hampir ke daerah Golden Gate). Asem, saya jadi harus ke timur. :’) Sempet saya ketemu orang Indonesia, dia nyamperin saya, nanya ngapain ke sini, dan dia bilang mau ke Golden Gate. Saya ketawa dong, wkkkwk…. berarti saya salah jalan lagi. Capek, bawa koper ke mana-mana. :’) Oke deh, jalan lagi, kita traceback, yang penting harus ketemu Powell St. lagi. Malah ketemu Civic Center, ah oke, gapapa, berarti naik dikit ketemu Powell. Untungnya, ya ketemu Powell, terus jalan, lah, ini deket banget dari Powell ke hotel. Ngapain saya muter jauh. wkwk… Nasib berangkat sendiri gini nih, jadi orang kesasar. :’)

Sampai Hotel

Sampai hotel, saya langsung ke resepsionis untuk check-in, gara-gara saya muter-muter jadi udah waktunya check-in, wkkwk… Saya sudah capek banget, jadinya setelah beres-beres sedikit. Tidur….. :D

Berangkat ke kantor HashiCorp

Ya, saya untungnya bangun di waktu yang tepat. Ada rombongan HashiCorp Ambassadors yang mau ke kantor HashiCorp juga. Satu-satunya saya bisa yakin mana HashiCorp Ambassadors yaitu bajunya, untung ada yang pakai baju Ambassadors.

Jadi kita ada acara HUG San Francisco. Acaranya ini:

Untungnya cuman 1 sesi. Satu sesi lagi dibatalkan karena speaker-nya berhalangan. Wah, itu saya masih ngantuk banget, Jetlag parah. At least, dari sesi ini, saya jadi kenal beberapa Ambassadors dan beberapa orang yang memang biasa mengikuti meetup ini. Dari sesi ini, saya baru tau beberapa hal soal Nomad. Well, biasanya cuman pakai Terraform, Vault, dan Vagrant. Ini jadi melihat beberapa hal baru yang wow!

Acara ini malem ya, jadi kita dinner, sesi, dan networking. Bisa dibilang, ini makan malam yang besar, sepertinya beberapa orang udah biasa ya makan porsi besar. Lah saya dan ada orang Asia juga, gak habis dan dibawa pulang. Kita makan taco yang ukurannya gak biasa, haha.. Ini bisa jadi makan “subuh”, iya saya kebangun kan ya (karena tiba-tiba lapar), saya habisin deh, biar bisa tidur lagi. Hahaha…

Saat sesi networking, saya tidak terlalu berani berbicara, bahasa Inggris saya belepotan. Untungnya ada satu yang dateng ke saya, dia pelajar (kalau saya gak salah, maaf masih ngantuk saat itu). Ya kita ngobrol dari pekerjaan, asal dari mana, dan biasanya pakai produk apa aja.

Setelah sesi networking, saya juga akhirnya ikut kembali juga bareng rombongan sebelumnya. Gak berani pulang sendiri, malem di sini kok kayak serem. :’)

Malemnya

Oke, malemnya aman sih. Bisa tidur, karena capek!!! Walaupun besoknya, tetep kerasa capek juga. Wkkwkkk…

Saya udah bangun jam 6 (pagi)-an, untuk siap-siap sarapan. :) Jam 6 (pagi) di sana, itu masih gelap. Liat aja ini. Hahaha... Ini saya foto dari kamar, haha..

Jam 6-an di SF

Simpulan

Lah, jadi Day-1-nya gak ada apa-apa? Iya, sedih ya. Beberapa poin penting:

1. Panik gak bisa beli kartu BART.
  2. Panik gak bisa pesen UBER.
  3. Akhirnya bisa berpikir jernih setelah duduk santai.
  4. Kesan yang awalnya sepertinya indah, jadi buyar karena menghirup udara di sana di beberapa daerah. Saya bukan menjelekan ya, tapi itu kesan pertama saya. Saya berharap semakin rapi dan baik lagi.
  5. Eh, ini belum dibahas di atas. Tempatnya dingin banget! Enak sih, karena saya dateng pas musim Fall baru mulai.
  6. Cari internet yang bagus-an dan GPS yang stabil. Lah, ini saya kesasar gara-gara update-nya super telat. Sedih dong, habis 30 menit gara-gara jalan muter-muter.
  7. Sesi Pre-HashiConf seru banget! Walaupun memang gak sebanyak itu yang dateng ya. Saya bisa kenal beberapa orang dan mendapat 1 sesi yang sangat menarik. Itu udah cukup banget sih.

Nantikan cerita saya di Day-2. Day-2 ini adalah main course-nya atau HashiConf dimulai. Ini ada cerita menarik juga, jadi mohon ditunggu ya. Ada beberapa hal yang wah! bagi saya. Well, sampai sini dulu ya. Kalau ada tambahan, akan saya tambahkan langsung di setiap day. Semoga bermanfaat. Oh iya, artikel secara teknis-nya belum rilis ya. Saya masih lelah. :’)

Bervianto Leo Pratama

Software Engineer | AWS Community Builder | HashiCorp Ambassador | Focus on Microservices and Cloud Computing